Kamis, 30 Januari 2014

Artikel Futsal..Ibrahim,S.Pd


BAB  I
Pendahuluan
A.Latar belakang masalah
Istilah futsal adalah istilah internasional, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, football dan sala. Permainan ini diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikannya mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil.
Permainan futsal dimainkan di bawah perlindungan Federation Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.Di Indonesia Futsal mempunyai  Badan Futsal Nasional  tersendiri namun dibawah naungan organisasi sepak bola yaitu PSSI ( Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia )
Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di bidang ini.
Futsal juga merupakan olahraga yang dikembangkan memodifikasi dari empat cabang olahraga yaitu sepak bola,basket,bola tangan dan polo air Penyatuan empat cabang olahraga tersebut  maka dinamakan Futsal.
Futsal juga olahraga bola kaki yang dilakukan didalam ruangan.Beberapa bagian yang diambil dari keempat cabang olahraga tersebut adalah sebagai berikut :
1.Sepak bola (foot ball ), mencetak gol dengan kaki atau sundulan kepala.
2.Bola basket ( basket ball ) , jumlah pemain hanya 5  dan wasit 2 orang.
3.Bola tangan ( Handsball ) , ukuran lapangan.
4.Polo air ( water polo ) , tidak diperkenankan kontak badan yang kasar.
                           Penjasorkes SMK Kls XI  ( 2007 : 48 )
Futsal merupakan olahraga yang mapan dibuktikan dengan sudah dipertandingankan secara internasional sejak tahun 1965 di Paraguay
 Penyelenggaraan FIFA Futsal World Cup yang ke-6 di Brazil pada tahun 2008 membuktikan bahwa dunia internasional sudah memperhatikan futsal sebagai olahraga yang bergengsi dan sangat kompetitif. Perkembangan futsal juga berimbas
kuat sampai di Indoenesia, dibuktikan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai penyelenggara Kejuaraan Futsal Asia atau Asian Futsal Cup dibawah inspeksi AFC (Asian Football Federation) di Istora Senayan Jakarta, 22-30 Oktober 2002. Dengan adanya kepercayaan tersebut, maka secara otomatis Tim Nasional Futsal Indonesia dibentuk untuk pertama kali, yang berisikan pemain-pemain sepakbola professional (http://www.hupelita.com).
Kelanjutan dari booming-nya olahraga futsal  adalah diselenggarakannya Liga Futsal Nasional atau Indonesian Futsal League sebagai divisi utama profesional dan Liga Futsal Amatir Musim 2006- 2007 untuk pertama kali. Kompetisi ini merupakan terobosan besar bagi Badan Futsal Nasional (BFN) sebagai badan otonom di bawah PSSI dalam usaha untuk meningkatkan kompetisi olahraga, sebagai usaha awal dalam membentuk Timnas Futsal Indoensia yang representatif untuk menghadapi event regional maupun internasional. Event tersebut antara lain adalah AFF Futsal Cup tingkat ASEAN, AFC Futsal Cup tingkat Asia, FIFA Futsal World Cup tingkat internasional, dan event olahraga regional dan internasional bergengsi yang lain.
Dari bukti-bukti bahwa futsal merupakan olahraga yang sangat mapan dengan memiliki kompetisi yang berjenjang seperti halnya sepakbola profesioanal. Oleh karena futsal dan sepakbola berhubungan sangat erat dan dekat namun keduanya sebenarnya memiliki karakteristik permainan yang berbeda.
 Futsal yang dicanangkan oleh FIFA sebagai developing game membutuhkan kajian-kajian yang unik dan khusus. Pendapat Suharjanto, direktur teknik dan pembinaan BFN, mengungkapkan bahwa futsal saat ini sangat kental dengan nuansa sepakbola sebab hampir semua bentuk latihan dan prinsip bermain relative disamakan dengan sepakbola, padahal futsal memiliki bentuk dan ukuran lapangan yang relatif berbeda dari ukuran jauh lebih sempit dan permukaan lapangan yang berbeda tekstur, ukuran gawang yang relative lebih kecil, bola yang relatif kecil dan jenis pantulan yang berbeda, bahkan jumlah pemain relatif lebih sedikit, serta peraturan-peraturan permainan yang relatif jauh berbeda, maka dapat dikatakan tidak serta merta pemain sepakbola mampu beradaptasi dalam permainan futsal . (http://kompas.com/kompascetak/ read. , Selasa, 8 April 2008).
Permainan Futsal merupakan cabang olahraga yang baru berkembang di Indonesia pada umumya dan dikenal untuk kalangan para penggemar olahraga yang berada di perkotaan terutama kota besar dan hanya berkembang sampai ke ibu kota kabupaten saja.Permainan futsal beberapa tahun terakhir ini juga menjadi olahraga pilihan yang sangat digemari para pelajar,mahasiswa . karyawan maupun para artis sebagai sarana olahraga dan rekreasi. Bermain futsal perlu mempersiapkan kondisi fisik yang baik selain memiliki ketrampilan bermain yang memadai.
 Permainan futsal juga merupakan permainan yang prestise yang mana dalam bermain  perlu menyiapkan biaya untuk menyewa lapangan mengingat lapangan tersebut banyak tersedia di perkotaan yang terdapat di wilayah Kalimantan Barat .
Sebagai pemain futsal ataupun pelatih futsal harus mengetahui Falsafah Futsal yang tertulis pada Futsal Coaching Clinic for Level Basic SFCC Sebagai Berikut :
1.Futsal adalah permainan yang sangat cepat dan dinamis.
   Diperlukan kerjasama antara pemain melalui passing yang akurat.
              2.Futsal juga merupakan olahraga beregu. Kolektivitas yang tinggi akan    
                 mengangkat prestasi tim
3.Fun dan Enjoy, bermain dengan hati  tanpa beban.
Dari falsafah futsal dipahami  bagi pemain futsal maupun pelatih futsal hal senagai berikut :
                        1.Teknik  tanpa bola        
            2.Teknik  dengan bola
            3.Kondisi Fisik
            3.Peraturan Permainan.
        Dari unsur  tersebut diatas perlu di fahami  agar kita mampu bermain futsal dengan baik adalah  sebagai berikut :
1.Permainan tanpa bola  terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.
2.Permainan dengan bola terdiri dari :
a.Teknik dasar Mengumpan ( Passing )
b.Teknik dasar Menahan ( Control )
c.Teknik dasar mengumpan Lambung ( Chipping )
d.Teknik dasar Menggiring bola ( Dribbling )
e.Teknik dasar menembak  bola ( shooting )
                          Futsal Coaching Clinic for Level Basic SFCC
3.Kondisi Fisik terdiri dari :
a.Daya Tahan
b.Kecepatan
c.Kekuatan
d.Kelincahan
e.Kelenturan
Kondisi fisik sangat berperan untuk membangun kemampuan bermain futsal selain ketrampilan  individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar